IMG-LOGO
info publik

Sejarah Desa

Create By 09 August 2023 818 Views

Desa Krasak menurut penjelasan dari beberapa Warga setempat berasal dari kata KEMROSAK (dibaca dalam bahasa jawa) yang mempunyai arti kurang lebih bahwa suara gemuruh yang terjadi setiap malam hari dari aliran air sungai Tangsiyang berada di sisi Utara desa Krasak dan berhulu di Kaki Gunung Sumbing.

Namun ada juga beberapa pendapat bahwa Desa Krasak tidak bisa lepas dari keberadaan desa Sawangargo dengan nama seorang tokoh Masyarakat yang dikenal dengan sebutan Kyai Krasak penguasa wilayah setempat. Tokoh tersebut adalah Lurah yang berada dibawah kekuasaan Wedana yang berada di Salaman. Suatu saat Ki Lurah Krasak dipanggil menghadap karena sudah lama tidak pernah menghadap. Namun beliau enggan menghadap karena merasa kurang sependapat dalam hal tertentu dengan Wedana saat itu. Murkalah sang Wedana saat itu, sedang beberapa saat akhirnya sang wedana datang ketempat Kyai Krasak, kemudian Kyai Krasak dicopot dari jabatanyadigantikan adiknya. Kemudian setelah mengangkat adik dari Kyai Krasak menjadi Lurah setempat sang wedana melihat pemandangan kearah utara yang di kejauhan terlihat tegak berdiri Gunung Sumbing. Karena terpesonanya maka beliaumemberi tempat tersebut Sawangargo. Setelah diangkatnya sang adik Kyai krasak menjadi Lurah yang baru tidak beberapa lama waktu Kyai Krasak meninggal dunia. Maka untuk mengenang nama beliau dipakailah nama tersebut untuk sebuah tempat disisi selatan desa Sawangargo berbatasan dengan kali Tangsi yaitu Desa Krasak yang dikenal sampai sekarang.

 

Versi yang lain menerangkan bahwa Krasak merupakan gabungan dua kelurahan yang melebur menjadi satukelurahan yang dibatasi oleh jalan raya Magelang Purworejo yang melintang dari Timur ke Barat. Kedua kelurahantersebut adalah kelurahan Kijon dan kelurahan Koplak. Kelurahan Kijon membawahi dukuh Kijon (Margosari), Getangan, Kuningan, Ngasinan, Ngemplak dan Kaliurip, Sementara Kelurahan Koplak membawahi padukuhan Karanganyar, Singonalan, Gejiwan dan Gesing.

Adapun beberapa nama Kepala Desa yang pernah menjabat di Desa Krasak :

Kepala Desa I : Honggoyudo ( …..... - 1940 )

Kepala Desa II : H.Saubari ( 1940 – 1942 )

Kepala Desa III : Singo Premudjo ( 1942 – 1950 )

Kepala Desa IV : Muhsinun ( 1950 – 1979 )

Kepala Desa V : Achmadi ( 1979 – 1987 )

Kepala Desa VI : Achmadi ( 1987 – 1999)

Kepala Desa VII : Andi ( 1999 - 2007 )

Kepala Desa VIII : Mat Riyadi (2007-2013)

Kepala Desa IX : Tarwiyan Widya Pupikutama (2013-2014)

2014 - 2016 : PJ

Kepala Desa X : Mukidin (2016 – 2022)

Kepala Desa XI : Ary Setyawan ( 2022 – 2028)

 

Demikian selanyang pandang atau sejarah singkat Desa Krasak yang dapat kami sampaikan kepada para pegiat Medsos, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

 

 

96,8 FM Radio Gemilang

Konten Populer - info publik

Artikel Lainya